Author Archives: Pendidikan Biologi || Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

UIN Walisongo, Membangun Kembali Budaya dan Sejarah

  Oleh: Purwowidodo[1] Kompleksitas problematika yang lahir dari dampak menjamurnya dikotomi keilmuan agama dan sains tak ayal menimbulkan keperihatinan mendalam dari berbagai kalangan ilmuwan. Kehadiran Universitas Islam Negeri (UIN) dengan varian paradigma, metafora, serta strategi implementasi sedikit memberi angin segar adanya upaya untuk mengeliminasi keilmuan yang cenderung bercorak dikotomik. Amin Abdullah, mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, ... Read More »

DAMPAK Asean Economic Community (AEC) TERHADAP PENDIDIKAN INDONESIA

Oleh: Asih Sugiarti* Peristiwa bersejarah telah tercatat dalam riwayat di negara ASEAN. Kongres Bali Concord II pada Oktober 2003 tahun lalu dapat diindikasikan ASEAN masa depan akan menuju ke arah integrasi ekonomi antar negara ASEAN yang lebih maju. Dimana telah disepakatinya rencana untuk pembentukan organisasi ASEAN dalam bidang ekonomi (Asean Economic Community). ASEAN sebagai wadah utama untuk menyatukan visi dan ... Read More »

Pembentuk Karakter Anak Melalui Pendidikan Prenatal

Oleh: Asih Sugiarti* Pendidikan merupakan proses yang dilakukan setiap individu menuju ke arah yang lebih baik. Begitu juga, pendidikan merupakan “amunisi kehidupan”, yang dapat membentuk diri seseorang menjadi makhluk yang beretika, bermoral, berakhlak, dan berkarakter. Hingga pada akhirnya, pendidikan mempunyai peran besar dalam membangun moralitas bangsa dan negara. Bermula pada hal di atas, pendidikan sebagai proses pembentukan karakter tentunya harus ... Read More »