Sejarah

Program studi pendidikan biologi adalah program studi jenjang strata satu dibawah jurusan biologi fakultas sains dan teknologi UIN Walisongo Semarang yang beralamat di Kampus 2 FST UIN Walisongo Semarang Jl. Prof. Dr. Hamka KM. 2 Ngaliyan Semarang. Prodi Pendidikan Biologi berdiri pada tanggal 29 Maret 2004 dengan nomor SK pendirian DJ.II/44D/2004 oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama. Prodi pendidikan biologi terakreditasi unggul (A) oleh SK BAN-PT Nomor:3107/SK/BAN-PTAk-PPJ/S/V/2020.

Gelar sarjana yang diperoleh ketika menyelesaikan studi di prodi pendidikan biologi UIN Walisongo adalah S.Pd. (sarjana pendidikan). Selama kuliah mahasiswa  dibekali keilmuan paedagogik dan konten biologi terinternalisasi nilai Islam (unity of sciences) dan berkonsep Technology Paedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran.

Prodi Pendidikan Biologi memiliki dosen yang unggul dan kompeten dibidangnya dengan didukung fasilitas pembelajaran dan penelitian yang lengkap seperti laboratorium microteaching, laboratorium biologi umum, laboratorium biokimia, laboratorium struktur, laboratorium bioteknologi, laboratorium mikrobiologi, laboratorium kultur jaringan dan greenhouse.