SEJARAH

Program Studi Pendidikan Biologi adalah program studi jenjang strata satu dibawah Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang yang beralamat di Kampus 2 FST UIN Walisongo Semarang Jl. Prof. Dr. Hamka KM. 2 Ngaliyan Semarang. Prodi Pendidikan Biologi berdiri pada tanggal 29 Maret 2004 dengan nomor SK pendirian DJ.II/44D/2004 oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama. Prodi pendidikan biologi terakreditasi unggul (A) oleh SK BAN-PT Nomor:3107/SK/BAN-PTAk-PPJ/S/V/2020.

Gelar sarjana yang diperoleh ketika menyelesaikan studi di Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo adalah S.Pd. (sarjana pendidikan). Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi disusun berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain kompetensi profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan yang disesuaikan dengan visi misi dan tujuan program studi. Pengembangan kurikulum prodi pendidikan berbasis Unity of Sciences dan subject specific pedagogy yang mempertimbangkan sifat dan karakteristik konsep biologi sebagai implementasi dari Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) sehingga mahasiswa mencapai tujuan pendidikan abad 21. Prinsip Unity of Sciences meyakini bahwa bangunan semua ilmu pengetahuan sebagai satu kesatuan saling berhubungan yang bersumber dari ayat-ayat Allah baik yang diperoleh melalui para nabi, ekplorasi akal maupun alam. Fokus Unity of Sciences dengan strategi spiritualisasi ilmu ilmu modern dan revitalisasi local wisdom melalui pengabdian. Kemampuan pedagogi (P), pengetahuan materi biologi (CK), dan pemanfaatkan teknologi yang mendukung (T) dengan istilah TPCK (Tecnologycal Pedagogical Content Knowledge) merupakanparadigma dalam menyusun kurikulum Prodi

Prodi Pendidikan Biologi memiliki dosen yang unggul dan kompeten dibidangnya dengan didukung fasilitas pembelajaran dan penelitian yang lengkap seperti laboratorium microteaching, laboratorium biologi umum, laboratorium biokimia, laboratorium struktur, laboratorium bioteknologi, laboratorium mikrobiologi, laboratorium kultur jaringan dan greenhouse.

One thought on “SEJARAH”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *