Kurikulum

Prodi Pendidikan Biologi FST UIN Walisongo melaksanakan evaluasi dan pemutakhiran kurikulum secara berkala setiap 4 tahun. Evaluasi dan pemutakhiran kurikulum dilaksanakan dengan melibatkan pemangku kepentingan internal (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, pimpinan fakultas, dan pimpinan universitas) serta pemangku kepentingan eksternal (alumni,stakeholder/pengguna) serta direview oleh pakar bidang ilmu program studi, industri, asosiasi, serta sesuai perkembangan ipteks dan kebutuhan pengguna. Evaluasi dan pemutakhiran kurikulum dilaksanakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna (stake holder), tantangan global, kebijakan pemerintah, perkembangan keilmuan dalam asosiasi, serta benchmarking dengan berbagai institusi.

Kurikulum dan perubahan yang pernah dilaksanakan di Prodi Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut:

  • Kurikulum tahun 2004

Kurikulum yang berlaku pertama kali pada tahun 2004 yang selanjutnya disebut dengan Kurikulum 2004. Dalam kurikulum ini masih berorientasi sederhana bahwa profil lulusan Prodi Pendidikan Biologi adalah menjadi Pendidik biologi yang Islami. Maka perlu diberi mata kuliah utama keilmuan biologi 100 SKS dan mata kuliah keagamaan 54 SKS sebagai pencirian IAIN Walisongo Semarang.

  • Kurikulum tahun 2010

Setelah memiliki lulusan, Program Studi Pendidikan Biologi melakukan evaluasi kurikulum berdasarkan masukan dari alumni dan pengguna alumni. Perubahan kurikulum 2010 juga didasarkan pada kebijakan pendidikan terkait dengan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Penyusunan kurikulum KBK ini melalui prosedur sebagai berikut; diawali dengan menentukan tujuan prodi, kemudian dijabarkan kompetensi lulusan, indikator kompetensi, strategi pencapaian, dan mata kuliah. Kurikulum 2010 ini menekankan pada kompetensi lulusan dengan dukungan mata kuliah dasar (muatan Institut) sebanyak 42 sks, dan mata kuliah utama (muatan prodi) 110 sks, dan mata kuliah pilihan sebanyak 6 sks. Perubahan kurikulum pada tahun 2010 ini menghasilkan Naskah Akademik Kurikulum 2010.

  • Kurikulum tahun 2013

Perubahan kurikulum 2013 didasarkan pada analisis kebutuhan tentang pentingnya berbahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa Arab. Pada kurikulum 2013 ini hanya terjadi perubahan penentuan dan pembagian ke dalam semester, yaitu mata kuliah Bahasa dijadikan satu pada semester tertentu agar semua mahasiswa dapat berkonsentrasi untuk melakukan penggunaan Bahasa. Kurikulum 2013 muatan mata kuliahnya dan prinsipnya sama dengan kurikulum 2010 yaitu menekankan pada kompetensi lulusan dengan dukungan mata kuliah dasar (muatan Institut) sebanyak 42 sks, dan mata kuliah utama (muatan prodi) 110 sks, dan mata kuliah pilihan sebanyak 6 sks. Secara umum perubahan dari kurikulum 2010 hanya berkisar pada sebaran mata kuliah.

  • Kurikulum 2015 (wacana SNPT, KKNI dengan implementasi Unity of Sciences)

Setelah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan juga terbitnya Permendikbud No. 049 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Program Studi Pendidikan Biologi memandang perlu untuk mengadakan revisi kurikulum. Momentum tersebut bersamaan dengan transformasi IAIN Walisongo menuju UIN Walisongo sehingga pengembangan muatan Visi-Misi baru yaitu menjadi perguruan tinggi berbasis riset dengan berparadigma Unity of Sciences perlu dilakukan dalam seluruh ranah kegiatan. Jurusan Pendidikan Biologi difasilitasi oleh IAIN Walisongo bersama dengan jurusan lain di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mengkaji ulang dan mengembangkan kurikulum berbasis KKNI dan SNPT dengan mengintegrasikan paradigma Unity of Sciences. Muatan kurikulum secara umum mengadaptasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dirumuskan secara sepihak oleh Jurusan Pendidikan Biologi.

Beberapa mata kuliah dari kurikulum 2013 diubah sesuai kebutuhan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan pada kurikulum 2015. Struktur kurikulum 2015 mencakup 146 SKS mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa hingga lulus yang mencakup 138 SKS mata kuliah wajib dan 8 SKS mata kuliah pilihan. Mata kuliah terdiri atas 32 SKS mata kuliah muatan universitas, 10 SKS mata kuliah muatan fakultas (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), 20 SKS mata kuliah umum Program Studi Pendidikan Biologi, 28 SKS mata kuliah umum ranah kependidikan, 48 SKS mata kuliah umum ranah Ilmu Biologi, dan total 34 SKS (pilihan) mata kuliah pilihan. Seluruh unsur pembelajaran (perencanaan, strategi, hingga evaluasinya) pada kurikulum 2015 diharapkan mulai mengadaptasikan unsur kesatuan ilmu pengetahuan agar sesuai dengan visi-misi baru UIN Walisongo.

  • Kurikulum 2015 (naskah disempurnakan pada 2016)

Muatan Standar Nasional Kurikulum bidang Pendidikan Biologi berbasis KKNI telah dikukuhkan melalui pertemuan Jurusan Biologi dan Pendidikan Biologi secara nasional (pada periode awal hingga akhir 2015) dengan diwadahi Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI). Konsorsium Biologi Indonesia  menyepakati standar minimum kurikulum Program Sarjana Biologi dan Sarjana Pendidikan Biologi termasuk rumusan CP (learning outcome) yang baku secara nasional. Laporan Hasil Kegiatan Perumusan Naskah Akademik Stantad Nasional Kurikulum Bidang Biologi dan Pendidikan Biologi Berbasis KKNI) pada November 2015 ditetapkan sebagai naskah panduan penyusunan revisi kurikulum 2015 berbasis KKNI secara nasional. Naskah tersebut selanjutnya diadaptasi oleh Jurusan Pendidikan Biologi UIN Walisongo untuk menghasilkan rumusan kurikulum 2015 yang final yang disempurnakan di awal tahun 2016 ini.

  • Kurikulum 2016 (disesuaikan CP yang telah disepakati pada pertemuan APSPBI)

Pada bulan Agustus 2016, perwakilan Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo mengikuti sosialisasi CP Prodi Biologi dan Prodi Pendidikan Biologi yang diselenggarakan oleh UIN Makassar. Berdasarkan bahan yang diperoleh dari sosialisasi tersebut, Kobi telah memutuskan memberlakukan standar proporsi (%) mata kuliah sesuai CP yang telah disepakati. Setelah dilakukan pengkajian lebih lanjut mengenai kurikulum yang telah dimiliki Prodi P. Biologi UIN Walisongo, standar proporsi mata kuliah yang ditetapkan Kobi tersebut dipandang sangat sulit untuk dipenuhi karena: 1) Banyaknya muatan mata kuliah kependidikan untuk prodi ini, yang tidak dirumuskan dengan jelas oleh KOBI, karena Kobi lebih mengutamakan muatan keilmuan biologi (murni); 2) Banyaknya muatan mata kuliah ke-UIN-an pada prodi ini, sehingga menjadi tidak berimbang dengan proporsi yang telah disepakati secara nasional, sementara Prodi tidak bisa serta merta menghapus mata kuliah khas ke-UIN-an tersebut.

Perwakilan Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo mengikuti kegiatan perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Pendidikan Biologi se-Indonesia pada bulan Oktober 2016, di bawah Asosiasi Prodi Pendidikan Biologi Indonesia (APSPBI) di Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan ini dirangkaikan dengan keikutsertaan Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo dalam Workshop Revitalisasi Kurikulum Prodi-Prodi Sejenis yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerjasama dengan APSPBI pada November 2016. Melalui kedua kegiatan ini, muncul CP baru yang disepakati digunakan dan lebih akomodatif terhadap muatan kependidikan biologi dan muatan ke-UIN-an. Maka, kurikulum yang telah berulang kali direvisi harus kembali diperbaiki sesuai standar terbaru yang disepakati. Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo memilih menggunakan CP dari APSPBI untuk revisi kurikulum prodi ini. Selagi APSPBI belum menyusun standar isi minumum, maka standar isi minimum yang diadaptasi adalah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Kobi.

  • Kurikulum 2020 (Sesuai KKNI berpedoman SNPT, Berbasis Unity of Sciences di Era Revolusi Industri 4.0 dan sesuai tuntutan merdeka belajar kampus merdeka)

Berdasarkan hasil Workshop Pengembangan Kurikulum yang telah dilaksanakan oleh Program studi Pendidikan Biologi pada bulan Juni 2019 serta memepertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 dan kampus merdeka,  maka perlu penyempurnaan kurikulum yang dapat menjawab tantangan tersebut. Oleh karena itu, disusunlah Kurikulum 2020 yang telah disesuaikan dengan KKNI berpedomana SNPT dan Berbasis Unity of Sciences dengan pembaharuan dalam hal penentuan profil lulusan melalui beberapa pertimbangan seperti hasil tracer study alumni, saran dan masukan dari stakeholder serta peluang pemenuhan kebutuhan di masyarakat (Pengguna lulusan). Selain itu, Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo menambahkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)  sebagai penciri UIN Walisongo untuk revisi kurikulum prodi ini. Revisi tersebut menimbulkan bahan kajian baru yang selanjutnya dikemas dalam  mata kuliah baru yang disesuaikan dengan tuntutan CPL yang telah disusun. Mata kuliah baru seperti Literasi digital, PLP, Bioinformatika, genetika molekuler, teaching biology in English.

Struktur kurikulum Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang disajikan dalam mata kuliah yang bersifat wajib (Universitas dan Keprodian) dan mata kuliah pilihan. Mata Kuliah wajib harus diambil oleh seluruh mahasiswa karena memuat kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh semua lulusan sejumlah 134 sks. Sedangkan mata kuliah pilihan bersifat mendukung kompetensi serta minat keilmuan yang ingin diperdalam oleh mahasiswa (maksimal 10 sks). Sehingga total sks yang ditempuh mahasiswa adalah 144 sks.

Adapun pembagian mata kuliah wajib (Universtas/prodi) dan mata kuliah  pilihan adalah sebagai berikut

  • Mata Kuliah Wajib Umum
 Mata KuliahSKSJSW/PSemester
NoKodeNama
1 UIN-602001Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan22W2
2 UIN-602002Bahasa Indonesia Karya Tulis Ilmiah22W1
3 UIN-602003Islam dan Moderasi Beragama22W1
4 UIN-602004Falsafah Kesatuan Ilmu22W5
5  UIN-602005Ilmu Fiqih22W2
6  UIN-602006Tauhid dan Akhlak Tasawuf22W1
7  UIN-602007Bahasa Inggris22W2
8  UIN-602008Bahasa Arab22W1
9 FST-602009Studi Al-Qur’an22W2
10  FST-602010Studi Al- Hadist22W3
11 FST-602011Dirosah Agama Intensif22W2
12  FST-602012Ilmu Pendidikan Islam22W1
  • Mata Kuliah Wajib Prodi
 Mata KuliahSKSJSW/PSemester
NoKodeNama
13PBO-606013Tugas Akhir66W8
14PBO-602014Publikasi Ilmiah22W6
15PBO-604015KKN44W7
16PBO-602016Fisika Dasar22W2
17PBO-602017Kimia Dasar22W1
18PBO-602018Matematika Dasar22W1
19PBO-602019Biologi Umum22W1
20PBO-602020Bioenterpreneurship22W4
21PBO-603021Struktur dan Perkembangan Tumbuhan33W3
22PBO-602022Sistematika Tumbuhan22W2
23PBO-602023Fisiologi Tumbuhan22W5
24PBO-602024Zoologi Vertebrata22W3
25PBO-602025Zoologi Invertebrata22W2
26PBO-602026Fisiologi Hewan22W4
27PBO-602027Histologi22W3
28PBO-602028Biokimia22W4
29PBO-602029Ekologi22W4
30PBO-602030Mikrobiologi22W5
31PBO-602031Genetika22W5
32PBO-602032Pengantar Bioteknologi22W6
33PBO-602033Anatomi Fisiologi Manusia22W3
34PBO-602034Evolusi22W3
35PBO-602035Biologi Sel22W2
36PBO-602036Konservasi Sumber Daya Alam22W5
37PBO-602037Embriologi22W4
38PBO-601038Teknik Laboratorium11W1
39PBO-601039Praktikum Struktur dan Perkembangan Tumbuhan11W3
40PBO-601040Praktikum Sistematika Tumbuhan11W2
41PBO-601041Praktikum Fisiologi Tumbuhan11W5
42PBO-601042Praktikum Zoologi Vertebrata11W3
43PBO-601043Praktikum Zoologi Invertebrata11W2
44PBO-601044Praktikum Fisiologi Hewan11W4
45PBO-601045Praktikum Histologi11W3
46PBO-601046Praktikum Biokimia11W4
47PBO-601047Praktikum Ekologi11W4
48PBO-601048Praktikum Mikrobiologi11W5
49PBO-601049Praktikum Genetika11W5
50PBO-601050Praktikum Teknik Laboratorium11W1
51PBO-602051Psikologi Pendidikan22W1
52PBO-602052Metodologi Pembelajaran Biologi22W3
53PBO-604053Statistika Pendidikan Biologi44W5
54PBO-602054Media Pembelajaran Biologi22W3
55PBO-604055Evaluasi Pembelajaran44W4
56PBO-602056Telaah Kurikulum Biologi22W4
57PBO-602057Perencanaan Pembelajaran22W5
58PBO-604058Metodologi Penelitian Pendidikan44W6
59PBO-602059Microteaching22W6
60PBO-602060PLP 1/magang22W5
61PBO-606061PLP 2/magang66W7
62PBO-602062Literasi Digital22W6
63PBO-602063Bimbingan Konseling22W3
64PBO-602064Manajemen Persekolahan22W4
65PBO-602065Seminar Riset22W7
  • Mata Kuliah Pilihan Prodi
 Mata KuliahSKSJSW/PSemester
NoKodeNama
66PBO-602066Ilmu Gizi dan Kesehatan22P6
67PBO-602067Imunologi22P6
68PBO-602068Kultur Jaringan Tumbuhan22P6
69PBO-602069Hortikultura22P6
70PBO-602070Toksikologi22P6
71PBO-602071Akuakultur22P6
72PBO-602072Biologi Laut22P6
73PBO-602073Mikrobiologi Terapan22P6
74PBO-602074Mikroteknik22P6
75PBO-602075Bioinformatika22P6
76PBO-602076Genetika Molekuler22P6
77PBO-602077Ilmu Lingkungan22P6
78PBO-602078Etika dan Pengembangan Profesi Guru22P6
79PBO-602079Aplikasi Perangkat Lunak Pendidikan Biologi22P6
80PBO-602080Manajemen Laboratorium22P6
81PBO-602081Teaching Biology in english22P6
82PBO-602082Pengembangan Bahan Ajar22P6
83PBO-602083Tahfiz Qur’an (Hafalan Al-Qur’an) 10 Juz22P6
84PBO-604084Tahfiz Qur’an (Hafalan Al-Qur’an) 20 Juz44P6
85PBO-606085Tahfiz Qur’an (Hafalan Al-Qur’an) 30 Juz66P6

Keterangan:W= mata kuliah wajib , P = mata kuliah pilihan

JS adalah 50 menit waktu tatap muka di kelas

Jumlah SKS 1 untuk kuliah bermakna 50 menit tatap muka di kelas, 60 menit tugas terstruktur, dan 60 menit belajar mandiri.

Jumlah SKS 1 untuk mata kuliah praktikum bermakna 100 menit tatap muka kegiatan praktikum di laboratorium, 100 menit tugas terstruktur, dan 100 menit belajar mandiri.

Mata Kuliah Tahfidz Quran merupakan mata kuliah pengakuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *