Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang adalah Sarjana Pendidikan dibidang biologi.

Profil Lulusan utama

Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Biologi UIN Walisongo adalah Calon Guru/Pendidik Biologi berwawasan lingkungan, yang memiliki sikap religius, bertanggungjawab, bertintegritas, menghargai keberagaman, menjunjung tinggi nasionalisme dan nilai kemanusiaan, mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; mampu mengikuti perkembangan IPTEKS; mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan salah satu bahasa internasional; mampu mengaplikasikan konsep biologi dan didaktik-pedagogis untuk mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran inovatif berbasis Unity of Sciences, serta memiliki potensi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (profesi atau S2).

Profil Tambahan Lulusan

Profil tambahan lulusan Program Studi Pendidikan Biologi UIN Walisongo adalah sebagai berikut.

  1. Asisten Peneliti Pendidikan Biologi berwawasan lingkungan, yang memiliki sikap religius, bertanggungjawab, bertintegritas, menghargai keberagaman, menjunjung tinggi nasionalisme dan nilai kemanusiaan, mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; mampu mengikuti perkembangan IPTEKS; mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan salah satu bahasa internasional; mampu mengemukakan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi dan/atau biologi menggunakan metodologi ilmiah dan mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan dalam bentuk karya tulis; serta memiliki potensi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (profesi atau S2).
  2. Pranata Laboratorium Biologi berwawasan lingkungan, yang memiliki sikap religius, bertanggungjawab, bertintegritas, menghargai keberagaman, menjunjung tinggi nasionalisme dan nilai kemanusiaan, mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; mampu mengikuti perkembangan IPTEKS; mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan salah satu bahasa internasional; mampu mengelola laboratorium; serta memiliki potensi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (profesi atau S2).
  3. Penulis di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi berwawasan lingkungan, yang memiliki sikap religius, bertanggungjawab, bertintegritas, menghargai keberagaman, menjunjung tinggi nasionalisme dan nilai kemanusiaan, mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; mampu mengikuti perkembangan IPTEKS; mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan salah satu bahasa internasional secara tertulis untuk menyampaikan gagasannya, serta memiliki potensi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (profesi atau S2).
  4. Edupreneur/Biopreneur berwawasan lingkungan, yang memiliki sikap religius, bertanggungjawab, bertintegritas, menghargai keberagaman, menjunjung tinggi nasionalisme dan nilai kemanusiaan, mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; mampu mengikuti perkembangan IPTEKS; mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan salah satu bahasa internasional; memiliki kemampuan entrepreneurship dalam bidang pendidikan biologi dan/atau biologi, serta memiliki potensi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (profesi atau S2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *