Paradigma Pengembangan Kurikulum
Visi Keilmuan
Mengembangkan keilmuan pendidikan biologi dalam bidang desain pembelajaran inovatif dan biologi konservasi berbasis kesatuan ilmu pengetahuan
Tujuan Prodi
Menghasilkan calon guru untuk menguasai keilmuan biologi, konsep pedagogi-didaktik biologi dan aplikasinya, serta mengimplementasikan metodologi penelitian dan kaidah penulisan karya ilmiah di bidang pendidikan biologi dengan diperkuat oleh literasi teknologi, literasi data, dan literasi sosial yang memadai. Program studi pendidikan biologi menghasilkan calon guru biologi yang memiliki religiusitas dengan pemahaman dasar-dasar keislaman dan nilai Unity of Sciences berbasis Rahmatan Lilalamin berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Tujuan program studi pendidikan biologi sebagai berikut.
- Menghasilkan calon guru biologi yang menguasai keilmuan biologi, pedagogi-dikdaktif serta teknologi yang mendukung pembelajaran inovatif serta biologi konservasi berlandaskan dasar-dasar keislaman dan nilai Unity of Sciences.
- Menghasilkan calon asisten peneliti yang mampu meneliti bidang pengajaran dan pembelajaran yang peka terhadap permasalahan sekitar dan mampu menyelesaikannya menggunakan metode penelitian terkait konsep pendidikan biologi berbasis Unity of Sciences di dalam pengelolaan konservasi biologi
- Menghasilkan calon pranata laboratorium, terampil dalam melayani praktikan dan merancang pembelajaran praktik di sekolah
- Menghasilkan calon wirausaha/bioeduprenur dan pemberdayaan masyarakat melalui penerapan inovasi pendidikan biologi dan ilmu biologi yang berwawasan kearifan lokal dan kelestarian lingkungan berkelanjutan.
- Menghasilkan calon penulis di bidang biologi dan pendidikan biologi berwawasan lingkungan dan pembelajaran inovatif serta biologi konservasi berlandaskan dasar-dasar keislaman dan nilai Unity of Sciences serta memiliki potensi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (profesi atau S2).
Strategi Pencapaian Visi Keilmuan dan Tujuan Prodi Pendidikan Biologi sebagai berikut.
- Menjabarkan visi keilmuan mulai dari profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan sampai ke mata kuliah.
- Mengimplementasikan kurikulum berbasis riset dan kesatuan ilmu pengetahuan untuk mendukung profesionalitas calon pendidik serta dilakukan peninjauan kurikulum minimal empat tahun sekali.
- Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis kesatuan ilmu pengetahuan.
- Menyelenggarakan kegiatan yang meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mendesain pembelajaran inovatif dan biologi konservasi berbasis kesatuan ilmu pengetahuan.
- Memperluas mitra dan jejaring dengan lembaga untuk mendukung pengembangan inovasi pembelajaran biologi serta biologi konservasi melalui kemitraan dan kerjasama yang kuat dengan lembaga pendidikan, laboratorium, instansi/balai konservasi.