Pendidikan Biologi UIN Walisongo Gelar Guest Lecture Bertema Pembelajaran Kontekstual dan Berorientasi SDGs

0 Comments

Semarang – Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan Guest Lecture dengan tema “Pembelajaran Biologi yang Kontekstual, Adaptif, dan Berorientasi pada SDGs” pada Jumat, 24 Oktober 2025.

Kegiatan ini menghadirkan Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti, M.Pd. dari UIN Sumatera Utara Medan sebagai narasumber. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan pentingnya merancang pembelajaran biologi yang mampu menghubungkan konsep sains dengan kehidupan sehari-hari serta berorientasi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

“Pembelajaran biologi yang kontekstual dan adaptif membantu siswa memahami peran ilmu biologi dalam menghadapi tantangan global, mulai dari isu lingkungan hingga kesehatan masyarakat,” ungkap Ummi Nur Afinni.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Dr. Listyono, M.Pd., yang menekankan bahwa guest lecture ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat kompetensi pedagogik dan wawasan global mahasiswa.

“Mahasiswa Pendidikan Biologi harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan menjadikan pembelajaran biologi sebagai sarana membangun kesadaran keberlanjutan sesuai nilai-nilai SDGs,” ujarnya.

Ketua panitia kegiatan, Dian Tauhidah, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen Pendidikan Biologi dari berbagai angkatan.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan model pembelajaran biologi yang lebih relevan, inovatif, dan berdampak,” tutur Dian.

Kegiatan guest lecture ini berjalan dengan interaktif dan antusias. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat memperluas wawasan tentang implementasi pembelajaran biologi yang kontekstual, adaptif, serta berkontribusi dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts