Kurikulum dan perubahan yang pernah dilaksanakan di Prodi Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut:
- Kurikulum tahun 2004
Kurikulum yang berlaku pertama kali pada tahun 2004 yang selanjutnya disebut dengan Kurikulum 2004. Dalam kurikulum ini masih berorientasi sederhana bahwa profil lulusan Prodi Pendidikan Biologi adalah menjadi Pendidik biologi yang Islami. Maka perlu diberi mata kuliah utama keilmuan biologi 100 SKS dan mata kuliah keagamaan 54 SKS sebagai pencirian IAIN Walisongo Semarang.
- Kurikulum tahun 2010
Setelah memiliki lulusan, Program Studi Pendidikan Biologi melakukan evaluasi kurikulum berdasarkan masukan dari alumni dan pengguna alumni. Perubahan kurikulum 2010 juga didasarkan pada kebijakan pendidikan terkait dengan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Penyusunan kurikulum KBK ini melalui prosedur sebagai berikut; diawali dengan menentukan tujuan prodi, kemudian dijabarkan kompetensi lulusan, indikator kompetensi, strategi pencapaian, dan mata kuliah. Kurikulum 2010 ini menekankan pada kompetensi lulusan dengan dukungan mata kuliah dasar (muatan Institut) sebanyak 42 sks, dan mata kuliah utama (muatan prodi) 110 sks, dan mata kuliah pilihan sebanyak 6 sks. Perubahan kurikulum pada tahun 2010 ini menghasilkan Naskah Akademik Kurikulum 2010.
- Kurikulum tahun 2013
Perubahan kurikulum 2013 didasarkan pada analisis kebutuhan tentang pentingnya berbahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa Arab. Pada kurikulum 2013 ini hanya terjadi perubahan penentuan dan pembagian ke dalam semester, yaitu mata kuliah Bahasa dijadikan satu pada semester tertentu agar semua mahasiswa dapat berkonsentrasi untuk melakukan penggunaan Bahasa. Kurikulum 2013 muatan mata kuliahnya dan prinsipnya sama dengan kurikulum 2010 yaitu menekankan pada kompetensi lulusan dengan dukungan mata kuliah dasar (muatan Institut) sebanyak 42 sks, dan mata kuliah utama (muatan prodi) 110 sks, dan mata kuliah pilihan sebanyak 6 sks. Secara umum perubahan dari kurikulum 2010 hanya berkisar pada sebaran mata kuliah.
- Kurikulum 2015 (wacana SNPT, KKNI dengan implementasi Unity of Sciences)
Setelah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan juga terbitnya Permendikbud No. 049 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Program Studi Pendidikan Biologi memandang perlu untuk mengadakan revisi kurikulum. Momentum tersebut bersamaan dengan transformasi IAIN Walisongo menuju UIN Walisongo sehingga pengembangan muatan Visi-Misi baru yaitu menjadi perguruan tinggi berbasis riset dengan berparadigma Unity of Sciences perlu dilakukan dalam seluruh ranah kegiatan. Jurusan Pendidikan Biologi difasilitasi oleh IAIN Walisongo bersama dengan jurusan lain di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mengkaji ulang dan mengembangkan kurikulum berbasis KKNI dan SNPT dengan mengintegrasikan paradigma Unity of Sciences. Muatan kurikulum secara umum mengadaptasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dirumuskan secara sepihak oleh Jurusan Pendidikan Biologi.
Beberapa mata kuliah dari kurikulum 2013 diubah sesuai kebutuhan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan pada kurikulum 2015. Struktur kurikulum 2015 mencakup 146 SKS mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa hingga lulus yang mencakup 138 SKS mata kuliah wajib dan 8 SKS mata kuliah pilihan. Mata kuliah terdiri atas 32 SKS mata kuliah muatan universitas, 10 SKS mata kuliah muatan fakultas (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), 20 SKS mata kuliah umum Program Studi Pendidikan Biologi, 28 SKS mata kuliah umum ranah kependidikan, 48 SKS mata kuliah umum ranah Ilmu Biologi, dan total 34 SKS (pilihan) mata kuliah pilihan. Seluruh unsur pembelajaran (perencanaan, strategi, hingga evaluasinya) pada kurikulum 2015 diharapkan mulai mengadaptasikan unsur kesatuan ilmu pengetahuan agar sesuai dengan visi-misi baru UIN Walisongo.
- Kurikulum 2015 (naskah disempurnakan pada 2016)
Muatan Standar Nasional Kurikulum bidang Pendidikan Biologi berbasis KKNI telah dikukuhkan melalui pertemuan Jurusan Biologi dan Pendidikan Biologi secara nasional (pada periode awal hingga akhir 2015) dengan diwadahi Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI). Konsorsium Biologi Indonesia menyepakati standar minimum kurikulum Program Sarjana Biologi dan Sarjana Pendidikan Biologi termasuk rumusan CP (learning outcome) yang baku secara nasional. Laporan Hasil Kegiatan Perumusan Naskah Akademik Stantad Nasional Kurikulum Bidang Biologi dan Pendidikan Biologi Berbasis KKNI) pada November 2015 ditetapkan sebagai naskah panduan penyusunan revisi kurikulum 2015 berbasis KKNI secara nasional. Naskah tersebut selanjutnya diadaptasi oleh Jurusan Pendidikan Biologi UIN Walisongo untuk menghasilkan rumusan kurikulum 2015 yang final yang disempurnakan di awal tahun 2016 ini.
- Kurikulum 2016 (disesuaikan CP yang telah disepakati pada pertemuan APSPBI)
Pada bulan Agustus 2016, perwakilan Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo mengikuti sosialisasi CP Prodi Biologi dan Prodi Pendidikan Biologi yang diselenggarakan oleh UIN Makassar. Berdasarkan bahan yang diperoleh dari sosialisasi tersebut, Kobi telah memutuskan memberlakukan standar proporsi (%) mata kuliah sesuai CP yang telah disepakati. Setelah dilakukan pengkajian lebih lanjut mengenai kurikulum yang telah dimiliki Prodi P. Biologi UIN Walisongo, standar proporsi mata kuliah yang ditetapkan Kobi tersebut dipandang sangat sulit untuk dipenuhi karena: 1) Banyaknya muatan mata kuliah kependidikan untuk prodi ini, yang tidak dirumuskan dengan jelas oleh KOBI, karena Kobi lebih mengutamakan muatan keilmuan biologi (murni); 2) Banyaknya muatan mata kuliah ke-UIN-an pada prodi ini, sehingga menjadi tidak berimbang dengan proporsi yang telah disepakati secara nasional, sementara Prodi tidak bisa serta merta menghapus mata kuliah khas ke-UIN-an tersebut.
Perwakilan Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo mengikuti kegiatan perumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Pendidikan Biologi se-Indonesia pada bulan Oktober 2016, di bawah Asosiasi Prodi Pendidikan Biologi Indonesia (APSPBI) di Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan ini dirangkaikan dengan keikutsertaan Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo dalam Workshop Revitalisasi Kurikulum Prodi-Prodi Sejenis yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerjasama dengan APSPBI pada November 2016. Melalui kedua kegiatan ini, muncul CP baru yang disepakati digunakan dan lebih akomodatif terhadap muatan kependidikan biologi dan muatan ke-UIN-an. Maka, kurikulum yang telah berulang kali direvisi harus kembali diperbaiki sesuai standar terbaru yang disepakati. Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo memilih menggunakan CP dari APSPBI untuk revisi kurikulum prodi ini. Selagi APSPBI belum menyusun standar isi minumum, maka standar isi minimum yang diadaptasi adalah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Kobi.
- Kurikulum 2020 (Sesuai KKNI berpedoman SNPT, Berbasis Unity of Sciences di Era Revolusi Industri 4.0 dan sesuai tuntutan merdeka belajar kampus merdeka)
Berdasarkan hasil Workshop Pengembangan Kurikulum yang telah dilaksanakan oleh Program studi Pendidikan Biologi pada bulan Juni 2019 serta memepertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 dan kampus merdeka, maka perlu penyempurnaan kurikulum yang dapat menjawab tantangan tersebut. Oleh karena itu, disusunlah Kurikulum 2020 yang telah disesuaikan dengan KKNI berpedomana SNPT dan Berbasis Unity of Sciences dengan pembaharuan dalam hal penentuan profil lulusan melalui beberapa pertimbangan seperti hasil tracer study alumni, saran dan masukan dari stakeholder serta peluang pemenuhan kebutuhan di masyarakat (Pengguna lulusan). Selain itu, Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo menambahkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebagai penciri UIN Walisongo untuk revisi kurikulum prodi ini. Revisi tersebut menimbulkan bahan kajian baru yang selanjutnya dikemas dalam mata kuliah baru yang disesuaikan dengan tuntutan CPL yang telah disusun. Mata kuliah baru seperti Literasi digital, PLP, Bioinformatika, genetika molekuler, teaching biology in English.
Struktur kurikulum Prodi Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang disajikan dalam mata kuliah yang bersifat wajib (Universitas dan Keprodian) dan mata kuliah pilihan. Mata Kuliah wajib harus diambil oleh seluruh mahasiswa karena memuat kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh semua lulusan sejumlah 134 sks. Sedangkan mata kuliah pilihan bersifat mendukung kompetensi serta minat keilmuan yang ingin diperdalam oleh mahasiswa (maksimal 10 sks). Sehingga total sks yang ditempuh mahasiswa adalah 144 sks.
Adapun pembagian mata kuliah wajib (Universtas/prodi) dan mata kuliah pilihan adalah sebagai berikut
- Mata Kuliah Wajib Umum
Tabel 6. Kelompok Mata Kuliah Wajib Umum
Mata Kuliah | SKS | JS | W/P | Semester | |||||
No | Kode | Nama | |||||||
1 | UIN-602001 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | W | 2 | |||
2 | UIN-602002 | Bahasa Indonesia Karya Tulis Ilmiah | 2 | 2 | W | 1 | |||
3 | UIN-602003 | Islam dan Moderasi Beragama | 2 | 2 | W | 1 | |||
4 | UIN-602004 | Falsafah Kesatuan Ilmu | 2 | 2 | W | 5 | |||
5 | UIN-602005 | Ilmu Fiqih | 2 | 2 | W | 2 | |||
6 | UIN-602006 | Tauhid dan Akhlak Tasawuf | 2 | 2 | W | 1 | |||
7 | UIN-602007 | Bahasa Inggris | 2 | 2 | W | 2 | |||
8 | UIN-602008 | Bahasa Arab | 2 | 2 | W | 1 | |||
9 | FST-602009 | Studi Al-Qur’an | 2 | 2 | W | 2 | |||
10 | FST-602010 | Studi Al- Hadist | 2 | 2 | W | 3 | |||
11 | FST-602011 | Dirosah Agama Intensif | 2 | 2 | W | 2 | |||
12 | FST-602012 | Ilmu Pendidikan Islam | 2 | 2 | W | 1 |
- Mata Kuliah Wajib Prodi
Tabel 7. Kelompok Mata Kuliah Wajib Prodi
Mata Kuliah | SKS | JS | W/P | Semester | ||
No | Kode | Nama | ||||
13 | PBO-606013 | Tugas Akhir | 6 | 6 | W | 8 |
14 | PBO-602014 | Publikasi Ilmiah | 2 | 2 | W | 6 |
15 | PBO-604015 | KKN | 4 | 4 | W | 7 |
16 | PBO-602016 | Fisika Dasar | 2 | 2 | W | 2 |
17 | PBO-602017 | Kimia Dasar | 2 | 2 | W | 1 |
18 | PBO-602018 | Matematika Dasar | 2 | 2 | W | 1 |
19 | PBO-602019 | Biologi Umum | 2 | 2 | W | 1 |
20 | PBO-602020 | Bioenterpreneurship | 2 | 2 | W | 4 |
21 | PBO-603021 | Struktur dan Perkembangan Tumbuhan | 3 | 3 | W | 3 |
22 | PBO-602022 | Sistematika Tumbuhan | 2 | 2 | W | 2 |
23 | PBO-602023 | Fisiologi Tumbuhan | 2 | 2 | W | 5 |
24 | PBO-602024 | Zoologi Vertebrata | 2 | 2 | W | 3 |
25 | PBO-602025 | Zoologi Invertebrata | 2 | 2 | W | 2 |
26 | PBO-602026 | Fisiologi Hewan | 2 | 2 | W | 4 |
27 | PBO-602027 | Histologi | 2 | 2 | W | 3 |
28 | PBO-602028 | Biokimia | 2 | 2 | W | 4 |
29 | PBO-602029 | Ekologi | 2 | 2 | W | 4 |
30 | PBO-602030 | Mikrobiologi | 2 | 2 | W | 5 |
31 | PBO-602031 | Genetika | 2 | 2 | W | 5 |
32 | PBO-602032 | Pengantar Bioteknologi | 2 | 2 | W | 6 |
33 | PBO-602033 | Anatomi Fisiologi Manusia | 2 | 2 | W | 3 |
34 | PBO-602034 | Evolusi | 2 | 2 | W | 3 |
35 | PBO-602035 | Biologi Sel | 2 | 2 | W | 2 |
36 | PBO-602036 | Konservasi Sumber Daya Alam | 2 | 2 | W | 5 |
37 | PBO-602037 | Embriologi | 2 | 2 | W | 4 |
38 | PBO-601038 | Teknik Laboratorium | 1 | 1 | W | 1 |
39 | PBO-601039 | Praktikum Struktur dan Perkembangan Tumbuhan | 1 | 1 | W | 3 |
40 | PBO-601040 | Praktikum Sistematika Tumbuhan | 1 | 1 | W | 2 |
41 | PBO-601041 | Praktikum Fisiologi Tumbuhan | 1 | 1 | W | 5 |
42 | PBO-601042 | Praktikum Zoologi Vertebrata | 1 | 1 | W | 3 |
43 | PBO-601043 | Praktikum Zoologi Invertebrata | 1 | 1 | W | 2 |
44 | PBO-601044 | Praktikum Fisiologi Hewan | 1 | 1 | W | 4 |
45 | PBO-601045 | Praktikum Histologi | 1 | 1 | W | 3 |
46 | PBO-601046 | Praktikum Biokimia | 1 | 1 | W | 4 |
47 | PBO-601047 | Praktikum Ekologi | 1 | 1 | W | 4 |
48 | PBO-601048 | Praktikum Mikrobiologi | 1 | 1 | W | 5 |
49 | PBO-601049 | Praktikum Genetika | 1 | 1 | W | 5 |
50 | PBO-601050 | Praktikum Teknik Laboratorium | 1 | 1 | W | 1 |
51 | PBO-602051 | Psikologi Pendidikan | 2 | 2 | W | 1 |
52 | PBO-602052 | Metodologi Pembelajaran Biologi | 2 | 2 | W | 3 |
53 | PBO-604053 | Statistika Pendidikan Biologi | 4 | 4 | W | 5 |
54 | PBO-602054 | Media Pembelajaran Biologi | 2 | 2 | W | 3 |
55 | PBO-604055 | Evaluasi Pembelajaran | 4 | 4 | W | 4 |
56 | PBO-602056 | Telaah Kurikulum Biologi | 2 | 2 | W | 4 |
57 | PBO-602057 | Perencanaan Pembelajaran | 2 | 2 | W | 5 |
58 | PBO-604058 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 4 | 4 | W | 6 |
59 | PBO-602059 | Microteaching | 2 | 2 | W | 6 |
60 | PBO-602060 | PLP 1/magang | 2 | 2 | W | 5 |
61 | PBO-606061 | PLP 2/magang | 6 | 6 | W | 7 |
62 | PBO-602062 | Literasi Digital | 2 | 2 | W | 6 |
63 | PBO-602063 | Bimbingan Konseling | 2 | 2 | W | 3 |
64 | PBO-602064 | Manajemen Persekolahan | 2 | 2 | W | 4 |
65 | PBO-602065 | Seminar Riset | 2 | 2 | W | 7 |
- Mata Kuliah Pilihan Prodi
Tabel 8. Kelompok Mata Kuliah Pilihan Prodi
Mata Kuliah | SKS | JS | W/P | Semester | ||
No | Kode | Nama | ||||
66 | PBO-602066 | Ilmu Gizi dan Kesehatan | 2 | 2 | P | 6 |
67 | PBO-602067 | Imunologi | 2 | 2 | P | 6 |
68 | PBO-602068 | Kultur Jaringan Tumbuhan | 2 | 2 | P | 6 |
69 | PBO-602069 | Hortikultura | 2 | 2 | P | 6 |
70 | PBO-602070 | Toksikologi | 2 | 2 | P | 6 |
71 | PBO-602071 | Akuakultur | 2 | 2 | P | 6 |
72 | PBO-602072 | Biologi Laut | 2 | 2 | P | 6 |
73 | PBO-602073 | Mikrobiologi Terapan | 2 | 2 | P | 6 |
74 | PBO-602074 | Mikroteknik | 2 | 2 | P | 6 |
75 | PBO-602075 | Bioinformatika | 2 | 2 | P | 6 |
76 | PBO-602076 | Genetika Molekuler | 2 | 2 | P | 6 |
77 | PBO-602077 | Ilmu Lingkungan | 2 | 2 | P | 6 |
78 | PBO-602078 | Etika dan Pengembangan Profesi Guru | 2 | 2 | P | 6 |
79 | PBO-602079 | Aplikasi Perangkat Lunak Pendidikan Biologi | 2 | 2 | P | 6 |
80 | PBO-602080 | Manajemen Laboratorium | 2 | 2 | P | 6 |
81 | PBO-602081 | Teaching Biology in english | 2 | 2 | P | 6 |
82 | PBO-602082 | Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 2 | P | 6 |
83 | PBO-602083 | Tahfiz Qur’an (Hafalan Al-Qur’an) 10 Juz | 2 | 2 | P | 6 |
84 | PBO-604084 | Tahfiz Qur’an (Hafalan Al-Qur’an) 20 Juz | 4 | 4 | P | 6 |
85 | PBO-606085 | Tahfiz Qur’an (Hafalan Al-Qur’an) 30 Juz | 6 | 6 | P | 6 |